Kesuksesan MotoGP Mandalika 2023 Membawa Angin Segar bagi Olahraga Balap Indonesia

LM – Indonesia berhasil meraih prestasi luar biasa sebagai tuan rumah ajang MotoGP Mandalika 2023, yang telah mencuri perhatian dunia. Balapan spektakuler ini digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Baca Juga :  Satgassus Pencegahan Korupsi Polri Awasi Penyaluran Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten

Kemalsyah Nasution, Direktur Utama Mandalika SAG Racing Team, yang menegaskan pentingnya momentum ini untuk mengembangkan dunia balap motor di Indonesia. “Suksesnya Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP di Mandalika harus kita manfaatkan sepenuhnya untuk mendorong pertumbuhan olahraga balap di Tanah Air,” ujarnya dengan semangat, dalam kesempatan tersebut, di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Langkah konkrit dalam mendukung perkembangan olahraga balap motor adalah pendirian Mandalika Racing Academy, yang akan fokus pada memperkenalkan dunia balap motor kepada generasi muda sejak usia dini. Inisiatif ini sejalan dengan upaya Kemalsyah, yang sebelumnya telah berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, untuk mendukung perkembangan olahraga balap di Indonesia.

Baca Juga :  Hut Ke-77 Bhayangkara, Biro SDM Polda Aceh Revitalisasi Makam Syiah Kuala dan Masjid Baiturrahim

Harapannya adalah agar Mandalika SAG Racing Team dapat menjalin kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) untuk memajukan perkembangan balap motor di Indonesia. “Saya berharap agar ke depan kita bisa bekerja sama dengan Kemenpora untuk mengangkat balap motor di Indonesia ke panggung dunia, terutama dalam mendukung generasi pembalap muda hingga mereka dapat bersaing di ajang MotoGP,” tambah Kemalsyah.

Reaksi positif juga datang dari Pelaksana Tugas Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), Ferdinand Kamariki Tangkudung, yang menyambut baik rencana pendirian Mandalika Racing Academy. Ferdinand melihat rencana ini sebagai peluang emas untuk mendukung pertumbuhan balap motor di Indonesia. “Kita telah memiliki Sirkuit Mandalika yang luar biasa, dan saya sangat mendukung usaha Kemenpora melalui LPDUK untuk berkolaborasi dengan Mandalika SAG Racing Team dalam mengembangkan dunia balap motor di Indonesia, termasuk melahirkan pembalap muda yang mampu bersinar di panggung dunia,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRK Banda Aceh Minta Pemerintah Kota Fokus Selesaikan Utang dan Rasionalkan Pendapatan

Namun, tak boleh terlupakan prestasi luar biasa yang terjadi dalam balapan ini. Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, meraih gelar juara MotoGP Mandalika 2023. Di Sirkuit Mandalika, Bagnaia tampil dominan, mengamankan kemenangan keenamnya di musim 2023 setelah menyelesaikan 27 lap dengan waktu 41 menit 20,293 detik. Hasil tersebut menempatkannya kembali di puncak klasemen MotoGP 2023 dengan 346 poin, sedangkan Jorge Martin tetap berada di posisi kedua dengan 321 poin, meskipun ia gagal finis.[red]

Loading