Perwakilan Keluarga Berangkat ke Swiss Bantu RK dalam Pencarian Eril

Perwakilan keluarga menyusul ke Swiss untuk menemani Ridwan Kamil dalam upaya pencarian Eril. (Foto: kemlu.go.id)

LM – Bandung, Pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril masih berlanjut. Perwakilan keluarga Ridwan Kamil pun berangkat ke Swiss untuk turut membantu proses pencarian Eril.

Perwakilan keluarga sekaligus kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan, perwakilan keluarganya sudah terbang ke Swiss sejak Selasa (31/5) malam dan diperkirakan tiba pada malam ini, Rabu (1/6).

“Perwakilan keluarga sudah terbang ke Swiss sehingga malam ini mereka akan mendarat dan bergabung dengan Kang Emil dan Teh Lia untuk membantu segala proses dan langkah yang diperlukan terkait proses pencarian Eril,” kata Erwin, Rabu (1/6).

Adapun hingga hari keenam kemarin, pencarian Eril di Swiss masih berlanjut. Saat ini, pencarian memang belum membuahkan hasil.

“Update pencarian sampai tanggal 31 Mei kemarin, polisi maritim Bern melanjutkan proses pencarian, namun belum mendapat hasil sesuai yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Erwin menuturkan, pihak kepolisian di Bern sudah mengevaluasi upaya pencarian Eril yang sudah berlangsung selama enam hari. Dari evaluasi tersebut, diputuskan proses pencarian tetap akan dilanjutkan hari ini.

“Kepala polisi Bern menyampaikan hasil pencarian langsung kepada Kang Emil di sekitar lokasi dan menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi mereka akan tetap melanjutkan proses pencarian,” ucapnya.

Terkait metode pencarian di Sungai Aare sendiri saat ini tidak lagi menggunakan metode penyelaman. Metode ini akan dilakukan secara situasional apabila diperlukan.

“Secara metode sama dengan sebelumnya. Hanya saja khusus untuk penyelaman akan bersifat situasional karena kondisi sangat bergantung pada situasi di lapangan,” tutur Erwin.

Erwin juga turut menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Luar Negeri, Duta Besar RI di Swiss dan Duta Besar Swiss di Indonesia yang telah membantu segala proses pencarian Eril termasuk memudahkan akses keberangkatan keluarga ke Swiss.

Baca Juga :  Presiden Jokowi ke Bali untuk Hadiri GPDRR 2022

“Karena atas bantuan mereka seluruh dokumen perjalanan diperoleh dengan cepat,” katanya.

Sebelumnya pihak keluarga sudah ikhlas menerima apa pun takdir Eril. Keluarga juga sudah berkonsultasi dengan tokoh agama terkait ini.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Rafani Akhyar mengimbau digelar salat gaib karena pencarian sudah mencapai 6 hari namun belum ada temuan berarti. 

“Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari ini, sebaiknya bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya,” kata Rafani Akhyar.(CNNIndonesia)

Loading

Redaksi2
Author: Redaksi2