LM – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen kuatnya dalam memberikan pelayanan optimal bagi jamaah haji lanjut usia (lansia) melalui penyediaan 200 kursi roda selama ibadah haji di Tanah Suci. Langkah ini dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Agama RI, menempatkan kursi roda di titik strategis seperti Masjidil Haram serta Terminal Syib Amir dan Jiyad.
Jamaah haji lansia Indonesia dapat mengajukan permohonan penggunaan kursi roda melalui ketua kloter, yang kemudian diteruskan ke ketua sektor. Syaratnya, jamaah tersebut harus tergolong lansia atau memiliki kondisi kesehatan yang sangat tergantung pada kursi roda dan tidak membawa kursi roda dari Tanah Air.
“Sebanyak 53% calon jamaah haji BSI berusia di atas 55 tahun. Untuk itu, kami menyediakan layanan pra dan pasca haji yang khusus memudahkan mereka,” ujar Anton Sukarna, Direktur Sales & Distribution BSI. “Jamaah haji lansia adalah tamu istimewa yang telah menunggu lama untuk beribadah haji, dan BSI berkomitmen menjadi sahabat finansial, sosial, dan spiritual bagi masyarakat.”
Sejalan dengan peningkatan layanan, kinerja tabungan haji BSI juga menunjukkan hasil positif. Hingga April 2024, dana pihak ketiga (DPK) tabungan haji BSI mencapai Rp11,86 triliun, tumbuh 14,09% secara year on year dengan jumlah nasabah mencapai 5,1 juta.
Selain itu, BSI mengimbau para jamaah haji untuk menggunakan transaksi cashless demi keamanan dan kemudahan selama beribadah. Kartu BSI Debit Mabrur/Debit Haji menawarkan berbagai keuntungan, seperti gratis biaya tarik tunai di ATM berlogo Visa di Arab Saudi hingga tiga kali per bulan, nilai tukar kurs kompetitif, cashback Rp500.000 untuk total belanja Rp10.000.000 per bulan di Arab Saudi, dan donasi 0,1% dari setiap transaksi di merchant Food & Beverages.
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar, menegaskan kesiapan Kementerian Agama dalam memfasilitasi layanan bagi jamaah haji lansia. “Kursi roda ini akan dioptimalkan untuk memastikan jamaah yang membutuhkan dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman,” ujarnya. Selain itu, Kementerian Agama RI telah menyediakan 11 posko kesehatan di Mekkah dan 6 posko kesehatan di Madinah, sebagai bagian dari upaya memberikan pelayanan maksimal bagi jamaah haji.
Dengan inisiatif ini, BSI berharap dapat meringankan perjalanan ibadah haji bagi jamaah lansia dan memastikan mereka mendapatkan pengalaman yang aman dan nyaman selama di Tanah Suci.***