Bonus SEA Games Indonesia Bikin Atlet Negara Lain Ngiler

Atlet Indonesia yang meraih medali mendapat ganjaran bonus hingga ratusan juta rupiah. (ANTARA FOTO/Arsakha)

LM – Jakarta, Atlet-atlet negara tetangga kepincut dengan besaran bonus yang didapat peraih medali Indonesia di ajang SEA Games.

Hingga kini belum ada pernyataan resmi mengenai nominal bonus yang akan diterima atlet peraih medali di SEA Games 2021, namun besaran bonus atlet Indonesia pada pesta olahraga Asia Tenggara terdahulu diketahui lebih besar ketimbang negara tetangga.

Pelaku olahraga dari Malaysia dan Filipina pun takjub dengan nominal hingga ratusan juta rupiah yang didapat atlet peraih medali emas di Indonesia.

Pada tiga tahun lalu, atlet yang menyumbangkan medali emas bisa diganjar dengan bonus Rp500 juta. Sementara peraih medali perak mendapat bonus Rp300 juta, dan perunggu diguyur bonus Rp150 juta.

“Wow mereka bisa langsung menjadi jutawan!” ucap atlet taekwondo Malaysia, Jason Loo Jun Wei.

Bonus bagi atlet Indonesia pada SEA Games 2019 jauh lebih besar ketimbang bonus untuk Jun Wei yang menyumbang emas bagi Malaysia dan mendapat bonus 20 ribu ringgit Malaysia atau sekitar Rp66 “Wah itu banyak sekali. Kalau begitu saya juga mau menjadi atlet Indonesia,” kata atlet taekwondo Filipina, Jeordan Dominguez, yang mendapat bonus 300 ribu peso atau setara Rp83 juta setelah mendapat emas.

Sementara atlet taekwondo Vietnam, Nguyen Dinh Khoi, menyatakan uang bonus di negaranya hanya berkisar belasan juta rupiah bagi peraih emas dan perak, serta enam juga untuk peraih perunggu.

Sejauh ini Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali hanya memastikan peraih medali SEA Games 2021 akan mendapat bonus tanpa menyebut nominal.

Indonesia mengumpulkan 69 medali emas, 91 medali perak, dan 81 medali perunggu pada SEA Games 2021. (CNNIndonesia)

Loading

Redaksi2
Author: Redaksi2