Wisata  

Di PKA ke-8, Pemkab Aceh Besar Meraih Juara Kedua

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menerima penghargaan setelah keluar sebagai juara II pada Pekan Kebudayaan Aceh ke-8, yang berlangsung di Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh, Minggu (12/11/2023) Sore.

LM – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, dibanjiri kegembiraan saat Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih posisi kedua, menggeser pesaing kuatnya, Kabupaten Aceh Selatan, yang selama ini memegang teguh predikat juara bertahan. Minggu, 12 November 2023.

Baca Juga :  24 Galeri Foto Seni Dipamerkan Aceh Besar di PKA-8

Pada pengumuman juara yang dipimpin oleh Ketua Dewan Juri, Prof Dr H Nazaruddin Awe MA, atmosfer kejutan terasa begitu kuat. Kabupaten Aceh Selatan, walau kembali menyabet gelar juara umum, harus memberikan tempat terhormat kepada Aceh Besar yang menunjukkan performa luar biasa.

Kedua kabupaten tersebut saling beradu prestasi dengan meraih juara pertama di empat cabang lomba. Namun, Aceh Besar harus memahkotai Kabupaten Aceh Selatan sebagai yang terbaik berdasarkan penilaian dewan juri terkait anjungan budaya.

Baca Juga :  Malam Kedua PKA, Anjungan Aceh Besar Dipadati Pengunjung

Dalam lomba anjungan PKA-8, Kabupaten Aceh Selatan mampu mengumpulkan total 1.956 poin, sementara Aceh Besar berada tipis di bawahnya dengan nilai 1.945 poin. Meski demikian, persaingan ketat antara keduanya menambah kehebohan dalam PKA kali ini.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, merasa sangat bersyukur atas capaian yang diraih. “Ini hasil terbaik bagi kita, meskipun ada beberapa bidang yang belum tercapai sesuai harapan kita semua,” ujarnya dengan senyum bangga.

Baca Juga :  Kebun Kurma Barbatee di Kabupaten Aceh Besar, Destinasi Wisata yang Menawarkan Pengalaman Pohon Kurma yang Luas

Iswanto juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Forkopimda Aceh Besar dan semua OPD, khususnya dinas pendidikan dan kebudayaan, atas dukungan mereka. “Semua penilaian dari dewan juri harus diterima dan diapresiasi. Mereka adalah orang-orang pilihan yang sangat profesional dan berpengalaman dalam penilaian di bidangnya masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh, Bustami Hamzah, yang mewakili Penjabat Gubernur Aceh, menutup PKA ke-8 dengan harapan agar acara ini senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan dan preservasi seni budaya Aceh. “PKA dapat berperan signifikan dalam menggulirkan roda kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” katanya seraya menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan acara tersebut.

Loading