Penjabat Gubernur Sumatera Utara Membuka APRC Asia Rally Cup 2023 di Danau Toba

LM – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, dengan bangga mengumumkan komitmennya untuk mendukung kejuaraan reli di Danau Toba, dengan harapan utama membawa kejuaraan reli dunia, World Rally Championship (WRC), ke wilayah ini pada tahun 2025 mendatang. Pengumuman penting ini datang saat pembukaan gelaran Asia Pasific Rally Championship (APRC) Asia Rally Cup 2023 di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Jumat (22/9).

Hassanudin menjelaskan bahwa komitmennya sebagai kepala pemerintahan sementara Sumatera Utara adalah untuk memastikan bahwa kejuaraan reli, yang saat ini sangat populer, mendapat dukungan sepenuhnya dari pihak berwenang. “Saya berbangga hati saat pertama kali disampaikan oleh Pak Ijeck dan Pak Harun, beberapa hari sebelum berangkat ke sini terkait kegiatan reli di Danau Toba. Komitmen saya sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara memberikan komitmen untuk mendukung kegiatan ini hingga kejuaraan reli dunia bisa hadir kembali di Provinsi Sumatera Utara ini,” ujar Hassanudin.

Beliau juga menyoroti pentingnya mengangkat Danau Toba sebagai salah satu kekayaan terbesar Provinsi Sumut kepada dunia. “Sumatera Utara punya anugerah luar biasa, Danau Toba. Danau Toba ini milik dunia, banyak cara untuk menduniakan Danau Toba, salah satunya dengan menggelar event seperti ini. Sehingga saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Sumatera Utara berterima kasih kepada panitia dan semua pihak yang sudah membawa kejuaraan reli sampai di Danau Toba,” ujarnya.

Pj Gubernur juga mengajak semua pihak, termasuk para kepala daerah di sekitar Danau Toba, serta seluruh stakeholder dan masyarakat, untuk mendukung dan memanfaatkan acara ini sebaik mungkin. “Saya mengajak kepada para kepala daerah di kawasan Danau Toba, teman-teman semua, dan masyarakat, mari kita sambut, mari kita dukung, dan mari kita manfaatkan kejuaraan reli ini. Apa yang bisa kita lakukan, kita dukung untuk menyukseskannya,” tambahnya.

Baca Juga :  Hadapi Irak, Timnas Indonesia Latihan Sore dengan Skuad Lengkap

Komitmen Pj Gubernur Hassanudin ini disambut dengan baik oleh Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Musa Rajekshah, yang menggarisbawahi bahwa kehadiran WRC di Sumut memerlukan dukungan tidak hanya dari pemerintah daerah, tetapi juga pemerintah pusat. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Hassanudin dan khususnya Bapak Jokowi yang sudah menyampaikan dukungannya. Ketua IMI Pusat, Bapak Bamsoet juga telah bertemu dengan President Federasi Automotif Internasional (FIA) dan melakukan penandatanganan agreement Tahun 2025 Indonesia sebagai salah satu seri kejuaraan dunia reli,” ujar Musa Rajekshah.

Musa Rajekshah, yang akrab disapa Ijeck, juga menegaskan komitmen bersama IMI Sumut untuk terus menggelar kejuaraan reli di Sumatera Utara sebagai bagian dari upaya untuk mendukung perkembangan pariwisata di daerah tersebut. “Kita bersama IMI Sumut tetap komit untuk melaksanakan reli karena Sumut ini sudah jadi ikon reli bagi pereli nasional, juga internasional. Apalagi kita jugakan ambil kawasan Danau Toba sebagai lokasi acara, jadi peserta senang, penonton senang, dan semoga ini bisa mendorong pariwisata kita Danau Toba,” katanya.

Acara pembukaan APRC Asia Rally Cup juga dihadiri oleh Chief Stewart FIA Mr. Wayne Scoot, APRC President Mr. Vicky Chandok, Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Samosir Vandiko T Gultom, dan Bupati Pakpak Bharat Franch Bernhard Tumanggor. Semua pihak sepakat bahwa kejuaraan reli ini akan menjadi salah satu momen bersejarah untuk mengangkat Danau Toba dan Sumatera Utara sebagai tujuan wisata yang menarik bagi penggemar reli dari seluruh dunia.

Loading