Sekda Aceh Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam Peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia

Sekretaris Daerah Aceh, Bustami, SE, M.Si, saat mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan (TMP), Banda Aceh, Kamis, 17 Agustus 2023.

LM – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami, memimpin delegasi dalam acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Gampong Ateuk Pahlawan. Acara ini diadakan pada Kamis, 17 Agustus 2023, dini hari, pukul 00.00 WIB, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-78.

Dalam suasana khidmat, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Novy Helmi Prasetya, bertugas sebagai Inspektur upacara untuk apel kehormatan dan renungan suci tersebut. Acara dimulai dengan pembacaan tanda kehormatan dan renungan suci oleh Irup, dilanjutkan dengan momen hening cipta dan penyalaan obor, menghormati jasa-jasa pahlawan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Kapolda Aceh Achmad Haydar, Ketua DPR Aceh Saiful Bahri, Kajati Aceh Bambang Bachtiar, dan Pj Walikota Banda Aceh, Amiruddin. Dalam kegiatan ini, prajurit TNI-Polri serta Satpol PP dan WH Aceh juga turut ambil bagian.

Taman Makam Pahlawan di Gampong Ateuk menjadi tempat bersemayamnya 400 jasad pahlawan, terdiri dari 384 Pusara Angkatan Bersenjata, 4 pusara Pegawai Sipil, 7 pusara Pejuang Rakyat, dan 5 pusara pahlawan tak dikenal.

Baca Juga :  Polsek Kuta Alam Berperan Aktif dalam Menyulap Ketegangan Menjadi Harmoni

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini menjadi tradisi tahunan pada tanggal 17 Agustus, dimulai pukul 00:00 WIB, sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan-pahlawan yang telah berkorban dengan ikhlas demi keutuhan Republik Indonesia. Sebuah upacara yang mengingatkan kita akan nilai-nilai kepahlawanan dan pengorbanan demi negara.

Loading

Syaiful
Author: Syaiful

Editor: Syaiful