Mendagri Lantik Pj Gubernur Aceh Hari Ini, Nova Purnatugas

LM – BANDA ACEH, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dijadwalkan melantik Penjabat (Pj) Gubernur Aceh pada hari ini, Selasa (5/7/2022).

Pelantikan akan berlangsung di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

“Sesuai undangan dari Mendagri yang diterima oleh Gubernur Nova Iriansyah yang purnatugas, besok akan dilantik Pj Gubernur Aceh,” kata Juru bicara Pemerintah Provinsi Aceh Muhammad MTA kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022) malam. 

Terkait sosok Pj Gubernur Aceh pengganti Nova, Muhammad MTA mengatakan pengumumannya akan dilakukan Kementerian Dalam Negeri.

Dia hanya menyatakan, Pemerintah Provinsi Aceh sudah mempersiapkan sejumlah agenda setelah pelantikan.

“Agenda penyambutan dan agenda-agenda lanjutan Pj Gubernur sudah disiapkan oleh Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Jakarta bersama protokoler Pemerintah Aceh,” sebut Muhammad MTA.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin menyatakan Pj Gubernur Aceh merupakan satu dari tiga nama yang diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Dia tidak mengungkapkan nama penjabat gubernur. Hanya saja, sosoknya disebut Safaruddin bukan dari kalangan sipil.

Sebagai informasi DPRA mengajukan tiga nama untuk menjadi Pj Gubernur Aceh. Mereka adalah Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Indra Iskandar, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA, dan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas Mayjen Achmad Marzuki.

Marzuki pernah menjadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) Iskandar Muda.(Kompas.com)

Loading

Redaksi2
Author: Redaksi2