Menpora Dito Ariotedjo Akan Buka Munas XI Gerakan Pramuka

Festival Nusantara Meriahkan Munas Pramuka dengan UMKM Expo dan Kuliner Khas

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Banda Aceh, Aceh. Menpora Dito akan menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) XI Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2023.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

LM – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo tiba di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda untuk menjalani kunjungan kerja (kunker) yang begitu dinanti-nantikan. Kunjungan ini tak sekadar rutinitas pejabat, melainkan agenda penting yang mengangkat semangat Gerakan Pramuka dalam Musyawarah Nasional XI Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2023. Jum’at, 1 Desember 2023.

Baca Juga :  Penjabat Bupati Aceh Besar dan Panwaslih Bersatu demi Sukseskan Pemilu 2024

Kunker Menpora Dito ini mencatat sejarah baru bagi Aceh, karena akan menjadi saksi perhelatan Munas XI Gerakan Pramuka yang akan dibuka resmi pada Sabtu, 2 Desember 2023. Balee Meuseraya Aceh, menjadi saksi bisu pertemuan pucuk pimpinan Gerakan Pramuka se-Indonesia yang terdiri dari sidang pendahuluan, sidang paripurna 1, sidang paripurna 2, sidang komisi dan perumusan hasil sidang komisi, hingga sidang paripurna 3.

Kehadiran Menpora Dito di Banda Aceh juga disambut hangat oleh Sekda Provinsi Aceh, Bustami Hamzah, Sekjen Kwarnas Bachtiar, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya. Momen ini menjadi bukti betapa pentingnya Munas XI Gerakan Pramuka bagi pemuda Indonesia, yang diwujudkan dengan antusiasme tinggi dari pemerintah dan pihak terkait di Aceh.

Baca Juga :  Rumkit Bhayangkara Polda Aceh Jalani Survei Peningkatan Akreditasi untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

Kegiatan kunjungan kerja ini juga diramaikan oleh kedatangan peserta utusan dari masing-masing Kwartir Daerah, yang telah tiba untuk mengikuti serangkaian kegiatan dalam Musyawarah Nasional. Mereka membawa semangat dan ide-ide segar untuk menjadikan Gerakan Pramuka semakin berkembang dan relevan di era modern ini.

Agenda persidangan dalam Munas XI ini sangat beragam dan mencakup berbagai aspek penting. Sidang pendahuluan akan membuka jalan untuk serangkaian acara yang penuh makna. Sidang paripurna 1 dan 2 akan menjadi forum diskusi utama, di mana pemimpin-pemimpin Pramuka akan berbagi visi dan misi untuk masa depan organisasi ini.

Baca Juga :  Tim SDM Polri Memulai Ekspedisi Talenta di Pulo Aceh

Sidang komisi dan perumusan hasil sidang komisi menjadi momen krusial dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis yang akan memandu langkah-langkah Gerakan Pramuka ke depan. Keputusan yang dihasilkan dari sidang ini akan mencerminkan arah dan fokus organisasi untuk periode mendatang.

Puncak acara akan terjadi pada sidang paripurna 3, di mana semua hasil kesepakatan dan keputusan penting akan diumumkan secara resmi. Sidang ini akan menjadi penutup yang meriah, menandai selesainya Munas XI Gerakan Pramuka 2023.

Baca Juga :  Menpora Tiba di Bandara Internasional SIM, Pj Bupati Aceh Besar Dampingi Pj Gubernur Aceh Sambut Kedatangannya

Namun, Munas ini tidak hanya menghadirkan kegiatan persidangan yang serius dan penuh tanggung jawab. Panitia pelaksana juga merancang berbagai kegiatan pendukung yang menarik, salah satunya adalah Festival Nusantara. Festival ini akan menjadi pelengkap yang tak kalah penting, menampilkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Festival Nusantara Munas XI Gerakan Pramuka Tahun 2023 akan digelar sepanjang pelaksanaan acara. Festival ini bukan hanya tempat untuk bersenang-senang, tetapi juga menjadi ajang promosi dan apresiasi terhadap berbagai potensi di seluruh Nusantara.

Baca Juga :  Dewan Minta Pemko Banda Aceh Segera Masukkan Dokumen APBK-P 2022 ke DPRK

Festival Nusantara Meriahkan Munas Pramuka dengan UMKM Expo dan Kuliner Khas

Terdapat beberapa kegiatan menarik dalam rangkaian Festival Nusantara ini, yang dijamin akan memanjakan peserta Munas dan pengunjung yang hadir. Salah satunya adalah UMKM Expo, di mana pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah dapat memamerkan produk unggulan mereka. Ini adalah kesempatan emas bagi UMKM untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Festival Kuliner juga akan menjadi daya tarik utama, menyajikan kelezatan kuliner khas daerah-daerah di Indonesia. Pengunjung dapat menjelajahi kekayaan rasa Nusantara dan merasakan aneka ragam hidangan lezat yang disajikan dengan penuh kebanggaan.

Baca Juga :  Pemerintah Aceh Apresiasi Program ITEC India

Pasar Rakyat akan menjadi tempat di mana produk-produk lokal dan tradisional dapat ditemukan. Dari hasil kerajinan tangan hingga produk-produk unik, Pasar Rakyat akan menjadi saksi keberagaman budaya dan kreativitas masyarakat Indonesia.

Pameran Foto Pramuka akan menghadirkan potret-potret menarik seputar kegiatan Pramuka di berbagai daerah. Ini tidak hanya menjadi dokumentasi visual, tetapi juga cerminan semangat kebersamaan dan kepemimpinan yang telah menjadi bagian integral dari Gerakan Pramuka.

Baca Juga :  Menpora Dukung Pencak Silat ke Olimpiade 2036

Pentas Seni Budaya akan menjadi puncak Festival Nusantara, menampilkan kekayaan seni dan budaya dari berbagai daerah. Tarian tradisional, musik lokal, dan berbagai pertunjukan seni akan memeriahkan suasana, menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi semua yang hadir.[red]

Loading