Pemerintah Aceh Sambut Kehadiran Super Air Jet, Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Sukseskan PON XXI

Pj. Sekda Aceh, Azwardi AP mengalungkan Sal kepada Kapten Pesawat Super Jet Air Fanzal Asri Zulkarnain, yang baru saja mendaratkan pesawat jenis Airbus 320-200, yang melayani rute penerbangan Jakarta- Aceh, Banda SIM, Blang Bintang, Jumat, 14 Juni 2024

LM – Pemerintah Aceh dengan antusias menyambut kehadiran Maskapai Super Air Jet yang kini melayani rute penerbangan Jakarta-Aceh-Jakarta. Maskapai ini diyakini tidak hanya membawa keuntungan bisnis, tetapi juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, terutama menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung pada September hingga Oktober mendatang.

Dalam acara peresmian penerbangan perdana di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Penjabat Sekretaris Daerah Aceh Azwardi, yang membacakan sambutan Pj Gubernur Aceh, menyampaikan bahwa kehadiran Super Air Jet akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Aceh. “Dibukanya rute penerbangan Maskapai Super Air Jet tidak semata memberi keuntungan di sisi bisnis, tapi juga akan turut mendukung perekonomian Aceh, terutama saat perhelatan PON XXI digelar,” ujar Azwardi.

Kehadiran puluhan ribu tamu yang diperkirakan akan datang untuk menyaksikan PON XXI akan menjadi kesempatan emas bagi Aceh untuk memperkenalkan keindahan wisatanya. “Peluang ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kami berharap Maskapai Super Air Jet bisa ambil bagian untuk turut menyukseskan PON XXI dan mendukung semaraknya kompetisi olahraga di negeri kita,” tambah Azwardi.

Azwardi juga mengajak Super Air Jet untuk menjalin kerja sama dalam memperkuat promosi pariwisata dan budaya Aceh. “Kami mengajak Maskapai Super Air Jet memberi ruang promosi bagi Aceh di dalam media informasinya. Tentu saja informasi itu tidak lepas dari nilai-nilai Islam yang berkembang di Aceh, sehingga masyarakat luas semakin paham tentang Aceh dan tergerak berkunjung ke daerah ini,” ujarnya.

Dengan kehadiran Super Air Jet, frekuensi penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda menuju Soekarno-Hatta kini mencapai tujuh penerbangan setiap hari. Berdasarkan data BPS, peningkatan penumpang di bandara ini mencapai 60 persen setiap tahun, bahkan bisa mencapai 75 persen pada musim liburan panjang.

Baca Juga :  Festival Meuseuraya 2023: Menggebrak Aceh dengan Karya Kreatif dan UMKM!

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari, menegaskan dukungan maskapainya bagi kesuksesan PON XXI dan pertumbuhan ekonomi Aceh. “Kehadiran kami dengan membuka rute Jakarta-Aceh-Jakarta adalah sebagai bentuk dukungan Maskapai Super Air Jet bagi suksesnya penyelenggaraan PON XXI serta membantu pertumbuhan ekonomi di Bumi Serambi Mekah,” kata Azhari.

Azhari juga mengungkapkan bahwa Super Air Jet, yang lahir di era pandemi pada tahun 2021, kini telah memiliki 6 pusat pesawat dan melayani 31 kota dengan frekuensi penerbangan harian mencapai 180 hingga 200 penerbangan. “Pada penerbangan perdana ini, seluruh kursi terisi penuh. Insya Allah, Juli atau awal Agustus Super Air Jet akan membuka rute penerbangan Aceh-Kuala Lumpur,” tambahnya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Darmadi, menyampaikan apresiasinya atas pembukaan rute baru ini. Penerbangan rute Jakarta-Aceh-Jakarta oleh Super Air Jet akan terbang sekali sehari dan menawarkan bagasi kabin gratis seberat 20 kg bagi penumpangnya.

Dalam acara tersebut, Pj Sekda Aceh turut didampingi oleh sejumlah pejabat daerah, termasuk Kepala Dinas Perhubungan Aceh T Faisal dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal.***

Loading

Syaiful
Author: Syaiful