Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Aceh Dirangkai dengan Berbagai Kegiatan Pemberdayaan Keluarga

LM – Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Aceh disambut dengan semangat yang luar biasa, diadakan di Anjong Mon Mata Komplek Meuligoe Gubernur Aceh pada Selasa (9/7/2024). Acara yang berlangsung meriah ini mempertemukan berbagai kegiatan penting dalam rangka memperingati prestasi PKK dalam pemberdayaan keluarga.

Dalam rangkaian perayaan tersebut, acara dimulai dengan pemotongan kue ulang tahun sebagai simbol kebersamaan dan keberhasilan PKK dalam membina masyarakat. Tak hanya itu, juga diselenggarakan talkshow yang membahas pola asuh anak di era digital, memberikan wawasan berharga bagi para orangtua dalam menghadapi tantangan zaman saat ini.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, PKK Aceh juga meluncurkan buku PAAREDI yang merupakan kompilasi dari berbagai inovasi dan pengetahuan untuk memajukan kualitas hidup keluarga di Aceh. Tidak hanya itu, momen yang sangat dinantikan adalah penyerahan penghargaan kepada pemenang Gampong Mawaddah Waramah (Gammawar) tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada Gampong Leuhan dari Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat sebagai juara pertama, diikuti oleh Gampong Mendang Ara dari Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang sebagai juara kedua, dan Gampong Sigulai dari Kecamatan Simeulue Barat, Kabupaten Simeulue sebagai juara ketiga. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Gampong Nuheun, Gampong Peuniti, dan Gampong Damar Mulyo sebagai juara harapan satu, dua, dan tiga masing-masing.

Dalam sambutannya, Pj Ketua TP PKK Aceh, Mellani Subarni, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh kader PKK atas dedikasi mereka dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK. “Pemberdayaan keluarga pada prinsipnya merupakan langkah strategis yang ditempuh oleh kader PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh,” ujar Mellani.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh yang diwakili Pj Sekda Aceh Azwardi, menyatakan harapannya agar peringatan HKG tahun ini dapat menjadi inspirasi dalam membesarkan gerakan PKK dalam mendukung pembangunan daerah, terutama dalam peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. “PKK sebagai sebuah gerakan memerlukan kekompakan dan koordinasi yang kuat di semua tingkatan, dan harus siap dengan segala kondisi serta siap beradaptasi, termasuk dalam menghadapi tantangan global dan transformasi digital saat ini,” kata Azwardi.

Baca Juga :  Aceh Berkomitmen Percepat Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai-Langsa II

Acara ini juga menjadi momentum untuk membangun sinergi antara TP PKK provinsi dan kabupaten/kota dalam mendukung program pembangunan nasional dan daerah. Keterlibatan aktif masyarakat dari berbagai tingkatan diharapkan dapat memperkuat kesuksesan pembangunan yang lebih merata dan berkualitas di Aceh.

Dengan demikian, peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di Aceh tidak hanya merayakan prestasi, tetapi juga meneguhkan komitmen untuk terus bergerak maju dalam menghadapi berbagai tantangan masa kini demi kesejahteraan bersama.***

Loading

Syaiful
Author: Syaiful