Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi Kukuhkan Kerjasama

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menandatangani MoU antara Indonesia dan Arab Saudi terkait kerjasama di bidang pemuda dan olahraga. Kamis, 19 Oktober 2023. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

LM – Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi pada Kamis, 19 Oktober 2023 menjadi hubungan bilateral kerjasama antara Indonesia dan Arab Saudi. Presiden Jokowi hadir di Istana Al-Yamamah, Riyadh, mendapat sambutan meriah dari Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud.

Baca Juga :  Presiden FIFA, Gianni Infantino, Ucapkan Selamat atas Groundbreaking National Training Center di Indonesia

Dalam momen tersebut, lagu kebangsaan kedua negara menggema, mengukuhkan hubungan yang semakin erat. Setelah introduksi delegasi, kedua pemimpin memasuki ruang pertemuan bilateral untuk membahas isu-isu penting.

Namun, puncak pertemuan ini terletak pada penandatanganan sejumlah nota kesepahaman (MoU) antara Indonesia dan Arab Saudi. Salah satu fokus utama MoU ini adalah kerjasama di bidang pemuda dan olahraga.

Dalam aspek pemuda, kerjasama melibatkan program pertukaran pemuda, promosi kegiatan kepemudaan, dan peningkatan kolaborasi antar organisasi kepemudaan. Upaya ini juga mencakup konferensi, simposium, dan seminar tingkat regional, nasional, serta internasional untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua negara.

Baca Juga :  Gempa M 6,5 Guncang Afghanistan dan Pakistan Selama 30 Detik, Korban Tewas dan Luka Mulai Ditemukan

Di bidang olahraga, kerjasama mencakup kunjungan para pejabat pemerintah, atlet, pelatih, ahli, dan peneliti dalam dunia olahraga. Selain itu, ada komitmen bersama dalam pengembangan kedokteran olahraga, penanganan anti-doping, promosi olahraga untuk semua, perhatian khusus untuk penyandang cacat, dan penerapan teknologi dalam olahraga, termasuk olahraga tradisional dan industri olahraga.

Setelah pertemuan bilateral yang penuh makna, Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi menghadiri jamuan makan, yang tidak hanya mengakhiri pertemuan ini dengan manis, tetapi juga mempererat ikatan kedua negara.[red]

Loading