Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Rombak 2 Menteri

Reshuffle kabinet Jokowi. (Muchlis - Biro Setpres)

LM – Jakarta, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan merombak menteri atau melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu (15/6).

Sumber CNNIndonesia.com menyebut setidaknya ada dua menteri yang bakal dirombak oleh Jokowi.

Sinyal perombakan itu sudah dikemukakan oleh beberapa pejabat pemerintahan belakangan ini. Salah satunya datang dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang menyampaikan usia pemerintahan Jokowi kini sudah delapan tahun. Menurutnya, Jokowi tahu apa yang paling dibutuhkan pemerintahan.

“Yang jelas Presiden kan beliau sudah delapan tahun di pemerintahan ini. Beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini,” kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6).

Ketua DPR RI Puan Maharani juga mengaku hanya mendengar isu reshuffle dari pemberitaan di media. Meski begitu, Puan menyebut pergantian menteri di Kabinet Indonesia Maju merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Itu merupakan hak prerogatif presiden untuk bisa memilih mengganti menunjuk orang-orang yang kemudian bisa membantu beliau dalam menjalankan tugas kenegaraan dan tugas pemerintahan,” kata Puan di Kantor KPU RI semalam.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul tak mempersoalkan jika Jokowi akan mengumumkan jajaran menteri barunya hari ini.

Baginya, hari ini bertepatan dengan Rabu Pahing berdasarkan penanggalan Jawa. Meski tak lazim sesuai reshuffle sebelumnya, dia menyebut Rabu Pahing tetap hari baik.

“Kalo Rabu Pahing ya masuk. Besok Rabu Pahing ya masuk, reshuffle bisa. Itu hari baik,” kata Bambang.

Isu reshuffle juga mencuat saat Jokowi memanggil beberapa elite politik untuk datang ke Istana kemarin. Terlihat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa sore. Sofyan tak banyak bicara saat hadir di Istana. Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga dipanggil menghadap Jokowi.

Baca Juga :  Viral Pengakuan Polisi Diperas Polisi, Ini Respons Polda Metro Jaya

Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi terlihat datang ke istana.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan juga turut menemui Presiden Joko Widodo di Istana. Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto membenarkan Zulkifli bertemu Jokowi di Istana.(CNNIndonesia)

Loading

Redaksi2
Author: Redaksi2