Istana Merdeka Siap Sambut Pasukan Paskibraka dalam Peringatan HUT ke-78 RI

Presiden Jokowi saat mengukuhkan Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/08/2023). (Foto: Humas Setkab/Oji)

LM – Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang semakin dekat, Istana Merdeka telah mempersiapkan diri untuk menerima dengan hangat dan penuh semangat pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang akan memainkan peran sentral dalam peringatan tersebut. Pada Selasa sore, 15 Agustus 2023, para anggota paskibraka yang terdiri dari 76 putra-putri Indonesia dari seluruh 38 provinsi, telah diukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga :  Erick Thohir: Tahap Awal Produksi Vaksin Covid-19 BUMN Ditargetkan 120 Juta Vaksin

Upacara pengukuhan tersebut menegaskan semangat persatuan dan nasionalisme yang menjadi roh dari peringatan HUT RI. Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan pesan harapan kepada pasukan paskibraka, “Dengan memohon rida Allah Yang Mahakuasa, pada hari ini saya kukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 2023. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara.”

Mengambil panggung di Halaman Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus, para anggota paskibraka akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih dalam rangkaian upacara peringatan HUT RI. Mereka telah melewati proses seleksi yang ketat dan berikrar setia pada Indonesia dalam Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Selama prosesi ikrar, seorang perwakilan dari Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengambil langkah berani dengan meletakkan Bendera Merah Putih di dada kirinya, mencerminkan pengabdian mereka kepada Tanah Air dan komitmen mereka terhadap Pancasila serta nilai-nilai Republik Indonesia.

Pada akhir upacara, Pemimpin Upacara Kachina Ozora memberikan sentuhan simbolis saat ia mencium Sang Merah Putih sembari Lagu Kebangsaan Indonesia berkumandang di latar belakang, menandai penghormatan tulus mereka terhadap Bendera dan Negara.

Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Iriana Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Ibu Wury Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat kepada anggota paskibraka setelah rangkaian pengukuhan. Hadirnya beberapa tokoh penting seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy serta Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, semakin mengukuhkan kesakralan dan kebermaknaan acara tersebut.

Baca Juga :  Wanita Hamil Terjaring Razia Bersama Pasangan Mesum, Puluhan Orang Diamankan, 30 Positif Narkoba

Dengan persiapan dan semangat yang telah dihidupkan oleh para pasukan paskibraka, Istana Merdeka siap untuk menyambut peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia dalam suasananya yang kental dengan patriotisme, persatuan, dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Loading

Syaiful
Author: Syaiful

Editor: Syaiful