UIN Ar Raniry Merayakan Milad ke-60 dengan Meriah dan Inspiratif

Sekda Aceh, Bustami, SE. M.Si, saat menyampaikan sambutan pada Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Milad ke 60 Tahun Universitas Islam Negeri Ar-Raniry di Auditorium Prof.Ali Asjmi UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Kamis, (30/11/2023). Foto : Humas Pemerintah Aceh
Sekda Aceh, Bustami, SE. M.Si, saat menyampaikan sambutan pada Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Milad ke 60 Tahun Universitas Islam Negeri Ar-Raniry di Auditorium Prof.Ali Asjmi UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Kamis, (30/11/2023). Foto : Humas Pemerintah Aceh

LM – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry merayakan milad ke-60 dengan meriah, diwarnai oleh kehadiran Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami Hamzah, dalam Rapat Senat Terbuka di Auditorium Profesor Aly Hasjmy pada Kamis, 30 November 2023.

Baca Juga :  Pesta Demokrasi Pilchiksung Serentak Sukses Digelar di Banda Aceh

Sekda Aceh, Bustami Hamzah, memberikan ucapan selamat kepada UIN Ar Raniry, menyatakan harapannya agar perjalanan 60 tahun ini dapat menjadi landasan untuk 60 tahun berikutnya yang tak kalah cemerlang dan sukses. Dalam sambutannya, Sekda mengungkapkan, “Insya Allah dengan ridha Allah, 60 tahun yang telah dilalui dapat dilanjutkan dengan 60 tahun berikutnya yang tak kalah cemerlang dan sukses, serta dapat mengukuhkan nama UIN Ar Raniry dalam sejarah pembangunan bangsa.”

Selain memberikan selamat, Sekda Bustami Hamzah juga turut menyampaikan apresiasi atas raihan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang berhasil diraih oleh UIN Ar Raniry. Menurutnya, prestasi ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi tinggi seluruh civitas akademika kampus, yang tidak hanya berdampak pada kampus sendiri tetapi juga membawa kehormatan bagi masyarakat Aceh.

Baca Juga :  Gempa Guncang Kutacane Aceh Tenggara, Berikut Keterangan BMKG

Dalam rangka merayakan milad ini, Sekda turut mendampingi rektor UIN Ar Raniry dalam meresmikan beberapa inisiatif baru. Beberapa di antaranya termasuk peluncuran Pusat Pengkajian dan Pengembangan Al Quran yang diberi nama Markazul Quran UIN Ar Raniry. Inisiatif ini menunjukkan komitmen universitas dalam mengembangkan pemahaman dan pengembangan terhadap Al Quran, sebuah langkah positif untuk meningkatkan pemahaman agama dan spiritualitas di lingkungan kampus.

Selain itu, acara ini juga menandai peluncuran buku berjudul “Farid Wajdi Dalam Lensa”, sebuah karya yang menggambarkan perjalanan dan kontribusi Farid Wajdi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya. Keberadaan buku ini menjadi simbol penghargaan terhadap tokoh-tokoh yang telah memberikan sumbangsih besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya di Aceh.

Baca Juga :  Semarak Maulid Nabi di Pesantern Babul Maghfirah, Aceh Besar

Peresmian Studio Multimedia dan peluncuran Film Profil UIN Ar Raniry berjudul “Tading Alas” juga menjadi sorotan dalam acara tersebut. Studio Multimedia akan menjadi fasilitas yang mendukung pengembangan kreativitas mahasiswa dalam berbagai bentuk media, sementara film profil menjadi sarana untuk membagikan kisah sukses dan prestasi UIN Ar Raniry kepada masyarakat luas.

Selain dari tingkat lokal, UIN Ar Raniry juga mendapat perhatian dari tingkat nasional. Presiden Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada universitas tersebut. Melalui sambutan yang disampaikan secara daring, Presiden Jokowi mengungkapkan harapannya agar UIN Ar Raniry terus mempertahankan rekam jejaknya sebagai kampus ‘Jantong Hatee Rakyat Aceh’.

Baca Juga :  Rapat Evaluasi LPPD dan EPPD Aceh 2023: Pj Bupati Aceh Besar Menjadi Tuan Rumah

Presiden Jokowi juga menaruh harapan besar terhadap peran UIN Ar Raniry dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia yang berjiwa toleran dan mampu mewujudkan nilai-nilai Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. “Sebagai perguruan tinggi keagamaan tertua ketiga di Indonesia, saya berharap UIN Ar Raniry bisa menjadi motor penggerak yang menghasilkan lebih banyak SDM unggul Indonesia yang berjiwa toleran dan unggul,” ujar Presiden.

Acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk merayakan prestasi dan sejarah UIN Ar Raniry tetapi juga sebagai momen untuk menatap masa depan dengan semangat yang baru. Harapan untuk terus berkontribusi pada pembangunan bangsa, menjaga nilai-nilai keislaman, dan mencetak generasi penerus yang berdaya saing tinggi menjadi fokus utama universitas ini.[red]

Loading